Kamis, 07 Januari 2016

Tiga Hal Yang Merusak Amal Manusia


www.google.com

Rosululloh Bersabda Tiga Hal yang merusak Amal manusia

Ø  Orang yang menuruti hawa Nafsunya

Selain Akal dan Fikiran yang diberikan Allah kepada manusia,Allah juga memberikan hawa nafsu.yang mana Nafsu ini selalu mengajak manusia untuk bermaksiat kapada Allah,jadi yang namanya nafsu tidak akan pernah puas dan berahir selama manusia berada dalam kendali nafsu tersebut.sangat merugilah Orang yang selalu menuruti hawa nafsunya.

Ø  Orang yang Kikir alias Bakhil
Manusia yang senantiasa memelihara sifat kikir maka dia akan merugi.pada dasarnya orang yang kikir senantiasa Egois dan serakah,
Didalam setiap rezki yang kita peroleh terdap hak-hak orang lain yang harus kita berikan,dalam hal ini Allah telah mengatur dan memberi jalan kepada manusia agar tidak memelihara sifat kikir dengan Cara.

1.    Zakat
Dalam hal pengeluaran Zakat Allah telah menentukan orang-orang yang wajiip memebayar zakat dan orang-orang yang berhak menerima zakat, seperti zakat Fitrah dan zakat Mal yang apa bila telah memenuhi nisap yang telah di tentukan maka wajip untuk mengeluarkannya.

2.    Infaq
Infaq adalah merupakan pemberian yang tidak di tentukan siapa yang berhak memberi dan yang menerima infaq,infaq biasa berbentuk sumbangan untuk pembangunan masjid, pembangunan madrasah, menolong orang yang kurang mampu dan segala sesuatu yang bentuknya menolong sesama yang bersifat umum.

3.    Sodaqoh
Pada dasarnya setiap orang dapat melakukan sodaqoh ,karna sodaqoh tidak selalu berbentuk vinansial melainkan berbentuk jasa yang sifatnya indah dan membawa dampak baik bagi khalayak banyak. seperti, orang yang ber ilmu bisa bersodaqoh dengan kepandainnya memberi pengetahuan bagi orang yang belum mengetahuinya.

 Pejabat biasa sodaqoh dengan menerapkan Keadilan bagi masyarakatnya. dan banyak lagi hal-hal yang siftanya sodaqoh yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari bahkan Rosul bersabda Orang yang hanya senyum saja yang dapat membawa kesenanagn dan kedamain bagi sesama adalah merupakan Sodaqoh.

Ø  Orang yang Membanggakan Diri-sendiri
Manusia diciptakan Allah dari Nutfah atau setetes air mani yang terdapat dalam rahim, sampai 40 hari berubah menjadi segumpal darah lalu daging, janin dan lahir kedunia tanpa membawa apa-apa.begitu juga dengan matinya manusia hanya membawa kain kafan saja.

Orang yang pintar jangan bangga dengan kepintarannya, orang kaya jangan bangga dengan hartanya, karna semua adalah milik Allah dan Allah tidak menyukia hal-hal yang berlebih-lebihan .yang paling mulia disisi Allah adalah pakain Iman dan Taqwa.


                                    
                    Semoga Kita senantiasa mendapat Hidayah, Inayah Alla SWT.






Tidak ada komentar: